..THANKS TO VISIT MY BLOG..

Kamis, 06 Desember 2012

Definisi Hukum Menurut Para Ahli


Istilah hukum berasal dari Bahasa Arab : HUK'MUN yang artinya menetapkan. Arti hukum dalam bahasa Arab ini mirip dengan pengertian hukum yang dikembangkan oleh kajian dalam teori hukum, ilmu hukum dan sebagian studi-studi sosial mengenai hukum.
Hukum sendiri menetapkan tingkah laku mana yang dibolehkan, dilarang atau disuruh untuk dilakukan. Hukum juga dinilai sebagai norma yang mengkualifikasi peristiwa atau kenyataan tertentu menjadi peristiwa atau kenyataan yang memiliki akibat hukum.
Berikut ini pengertian dan definisi hukum menurut beberapa ahli:
# VAN KAN
Hukum ialah keseluruhan peraturan hidup yang bersifat memaksa untuk melindungi kepentingan manusai di dalam masyarakat. Peraturan dalam menjalankan kehidupan diperlukan untuk melindungi kepentingan dengan tertib
# UTRECHT
Hukum adalah himpunan peraturan (baik berupa perintah maupun larangan) yang mengatur tata tertib dalam suatu masyarakat dan seharusnya ditaati oleh anggota masyarakat yang bersangkutan. Oleh karena itu, pelanggaran petunjuk hidup tersebut dapat menimbulkan tindakan dari pihak pemerintah
# WIRYONO KUSUMO
Hukum adalah keseluruhan peraturan baik yang tertulis maupun tidak tertulis yang mengatur tata tertib dalam masyarakat dan terhadap pelanggarnya umumnya dikenakan sanksi. Sedangkan tujuan dari hukum adalah untuk mengadakan keselamatan, kebahagiaan, dan ketertiban dalam masyarakat.
# MOCHTAR KUSUMAATMADJA
Hukum merupakan keseluruhan asas-asas dan kaidah-kaidah yang mengatur kehidupan manusia dalam masyarakat, dan juga mencakupi lembaga-lembaga (institutions) dan proses-proses (processes) yang mewujudkan berlakunya kaidah-kaidah itu dalam kenyataan.
# LILY RASJIDI
Hukum bukan sekedar merupakan norma melainkan juga institusi .
# SOETANDYO WIGJOSOEBROTO
Bahwa tidak ada yang konsep tunggal mengenai apa yang disebut hukum itu. Karena sebenarnya hukum terdiri dari 3 konsep: hukum sebagai asas moralitas, hukum sebagai kaidah-kaidah positif yang berlaku pada waktu dan tempat tertentu, dan  yang ketiga, hukum dikonsepkan sebagai institusi yang riil dan fungsional dalam sistem kehidupan bermasyarakat.
# A.L GOODHART
Hukum adalah keseluruhan dari peraturan yang dipakai oleh pengadilan.
# AUSTIN
Hukum adalah tiap-tiap undang-undang positif yang ditentukan secara langsung atau tidak langsung oleh seorang pribadi atau sekelompok orang yang berwibawa bagi seorang anggota atau anggota-anggota suatu masyarakat politik yang berdaulat, dimana yang membentuk hukum adalah yang tertinggi.
# HANS KELSEN
Hukum adalah sebuah ketentuan sosial yang mengatur perilaku mutual antar manusia, yaitu sebuah ketentuan tentang serangkaian peraturan yang mengatur perilaku tertentu manusia dan hal ini berarti sebuah sistem norma. Jadi hukum itu sendiri adalah ketentuan
# MARX
Hukum adalah pengemban amanat kepentingan ekonomi para kapitalis yang tidak segan memarakkan kehidupannya lewat exploitasi- exploitasi yang luas. Sehingga hukum bukan saja berfungsi sebagai fungsi politik saja akan tetapi juga sebagai fungsi ekonomi.
# MONTESQUIEU
Hukum merupakan gejala sosial dan bahwa perbedaan hukum disebabkan oleh perbedaan alam, sejarah, etnis, politik, dan faktor-faktor lain dari tatanan masyarakat. Oleh karena itu hukum suatu bangsa harus dibandingkan dengan hukum bangsa lainnya
# BAMBANG SUNGGONO
Hukum adalah sebagai subordinasi atau merupakan produk dari kepentinga-kepentingan politik
# THOMAS AQUINAS
Hukum adalah perintah yang berasal dari masyarakat, dan jika ada pelanggaran atas hukum, si pelanggar akan dikenai sanksi oleh tetua masyarakat bersama sama dengan seluruh anggota masyarakatnya
# LEON DUGUIT
Hukum adalah aturan tingkah laku para anggota masyarakat, aturan yang daya penggunaannya pada saat tertentu diindahkan oleh suatu masyarakat sebagai  jaminan dari kepentingan bersama dan yang jika dilanggar menimbulkan reaksi bersama terhadap orang yang melakukan pelanggaran itu
# IMMANUEL KANT
Hukum adalah keseluruhan syarat-syarat yang dengan ini kehendak bebas dari orang yang satu dapat menyesuaikan diri dengan kehendak bebas dari orang yang lain, menuruti peraturan hukum tentang kemerdekaan.
# S.M. AMIN, S.H.
Hukum adalah kumpulan-kumpulan peraturan-peraturan yang terdiri dari norma dan sanksi-sanksi
# J.C.T. SIMORANGKIR, S.H. dan WOERJONO SASTROPRANOTO, S.H.
Hukum adalah peraturan-peraturan yang bersifat memaksa, yang menentukan tingkah laku manusia dalam lingkungan masyarakat yang dibuat oleh badan-badan resmi yang berwajib, pelanggaran mana terhadap peraturan-peraturan tadi berakibat diambilnya tindakan, yaitu dengan hukuman tertentu.
# M.H. TIRTAATMIDJA, S.H.
Hukum adalah semua aturan (norma) yang harus diturut dalam tingkah laku tindakan-tindakan dalam pergaulan hidup dengan ancaman mestinya mengganti kerugian - jika melanggar aturan-aturan itu - akan membahayakan diri sendiri atau harta, umpamanya orang akan kehilangan kemerdekaannya, didenda dan sebagainya
Dari berbagai definisi hukum diatas, dapat disimpulkan bahwa hukum terdiri dari unsur-unsur sebagai berikut:
  • Peraturan atas kaidah-kaidah tingkah laku manusia
  • Peraturan diadakan oleh lembaga yang berwenang membuatnya
  • Peraturan bersifat memaksa
  • Peraturan mempunyai sanksi yang tegas


Sehingga, sebuah peraturan akan layak untuk disebut sebagai hukum apabila memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  • Adanya perintah / larangan
  • Perintah/larangan itu harus ditaati oleh setiap orang    

Pencarian Terbaru (100)
Pengertian hukum. Definisi hukum. Hukum adalah. Pengertian hukum menurut para ahli. Pengertian hukum bisnis. Definisi hukum menurut para ahli. Pengertian hukum menurut para ahli hukum.
Arti hukum. Defenisi hukum. Pengertian hukum bisnis menurut para ahli. Definisi hukum menurut para ahli hukum. Apa itu hukum. Pengertian hukum menurut immanuel kant. Makalah hukum bisnis.
Konsep hukum. Definisi hukum bisnis. Pengertian pergaulan bebas menurut para ahli. Hukum menurut para ahli. Pengertian hukum lingkungan menurut para ahli. Hukum. Devinisi hukum.
Pengertian pelanggaran hukum. Fungsi hukum menurut para ahli. Pengertian hukum menurut ahli. Pengertian hukum menurut para sarjana. Pengertian hukum menurut mochtar kusumaatmadja. Pengertian tentang hukum. Pengertian hukuman.
Pengertian hukum menurut beberapa ahli. Defenisi hukum menurut para ahli. Definisi hukum menurut pakar. Tujuan hukum menurut para ahli. Pengertian norma menurut ahli. Pengertian hukum politik. 10 definisi hukum menurut para ahli.
Pengertian definisi hukum. Pengertian hukum menurut para ahli di dunia. 10 definisi hukum. Definisi hukum menurut para sarjana. Pengertian norma hukum menurut para ahli. Pengertian hukum dan contohnya. Pengertian hukum positif.
Hukum menurut bahasa. Hukum menurut immanuel kant. Arti hukum menurut para ahli. Definisi hukum bisnis menurut para ahli. Ahli hukum. Pakar hukum. Pengertian ilmu hukum menurut para ahli.
10 pengertian hukum menurut para ahli. Definisi tentang hukum. Pengertian hukum positif menurut para ahli. Arti hukum menurut bahasa. Arti hukum bisnis. Pengertian hukum menurut bahasa. Hukum menurut mochtar kusumaatmadja.
Definisi hukum menurut ahli. Teori hukum menurut para ahli. Definisi hukum menurut para pakar. Definisi pelanggaran hukum. Definisi definisi hukum. Hukum menurut para ahli hukum. 10 pengertian hukum.
Definisi hukum menurut mochtar kusumaatmadja. Pengertian hukum menurut para pakar. Hukum sebagai gejala sosial. Pengertian norma hukum. Definisi hukuman. Hukum bisnis menurut para ahli. Pengertian dan definisi hukum.
Pengertian hukum dan masyarakat. Pengertian hukum ekonomi menurut para ahli. Definisi definisi hukum menurut para ahli. Pengertian hukum menurut s.m amin. Definisi ilmu hukum menurut para ahli. Pengertian sistem hukum menurut para ahli. Devenisi hukum.
Pengertian hukum lingkungan. Definisi pengertian hukum. Difinisi hukum. Pengertian hukum menurut pakar. Pengertian tata tertib menurut para ahli. Penertian hukum. Pengertian hukum adalah.
Pengertian dari hukum. Pengertian kaidah hukum. Apa pengertian hukum. Pengetian hukum. Pengertian dan tujuan hukum. Pengertian hukum dari para ahli. Pengertian dan definisi hukum menurut para ahli.
Definisi hukum menurut van kan. Pengertian hukum menurut aristoteles. Definisi hukum menurut para ahli indonesia. Pengertian lembaga hukum menurut para ahli. 20 definisi hukum menurut para ahli. Pengertian hukum menurut van kan. Pengertian masyarakat politik
.

1 komentar:

2019 ford fusion hybrid titanium - ITaniumArt
2021 ford fusion hybrid joico titanium titanium. titanium linear compensator 2021 ford fusion fusion hybrid titanium. 2021 ford fusion titanium 170 welder hybrid titanium industries titanium. titanium bolt 2021 ford fusion hybrid titanium.

Posting Komentar