..THANKS TO VISIT MY BLOG..

Selasa, 19 Juni 2012

TANYA - JAWAB

ada petanyaan & ada jawabannya sob, check this out !!
SOAL
1.      Jelaskan secara singkat apa yang dimaksud dengan :
a.       Jaringan Komputer
b.      Network Terminology
c.       Protokol
d.      DNS
e.       HTTP

2.      Sebutkan dan jelaskan secara singkat mengenai model 7 OSI layer.
3.      Sebutkan dan jelaskan secara singkat mengenai TCP/IP protocol suite.
4.      Jelaskan secara singkat apa yang anda ketahui tentang TCP dan UDP.
5.      Jelaskan langkah-langkah cara kerja model aplikasi client server pada protocol TCP.
6.      Jelaskan apa yang anda ketahui mengenai konsep dari :
a.       Routing
b.      NAT
c.       Proxy
d.      Vlan

JAWABAN
1.       
a.       Jaringan Komputer adalah sekelompok komputer otonom yang saling berhubungan antara satu dengan lainnya menggunakan protokol komunikasi melalui media komunikasi sehingga dapat saling berbagi informasi, program – program, penggunaan bersama perangkat keras seperti printer, harddisk, dan sebagainya.

b.      Network Terminologi adalah Jaringan komputer dibangun dalam bentuk dan ukuran yang berbeda-beda, bergantung kondisi dan kebutuhan. Desain dari jaringan komputer sangat pesat perkembangannya.


c.       Protokol adalah sebuah aturan atau standar yang mengatur atau mengijinkan terjadinya hubungan, komunikasi, dan perpindahan data antara dua atau lebih titik komputer.


d.      DNS adalah singkatan dari Domain Name System yang berfungsi untuk menterjemahkan nama domain menjadi ip address.


e.       Pengertian HTTP atau definisi HTTP (HyperText Transfer Protocol) adalah sebuah protokol untuk meminta dan menjawab antara client dan server.



2.       
·         Application layer Berfungsi sebagai antarmuka dengan aplikasi dengan fungsionalitas jaringan,

·         Presentation layer Berfungsi untuk mentranslasikan data yang hendak ditransmisikan oleh aplikasi ke dalam format yang dapat ditransmisikan melalui jaringan.

·         Session layer Berfungsi untuk mendefinisikan bagaimana koneksi dapat dibuat, dipelihara, atau dihancurkan.

·         Transport layer Berfungsi untuk memecah data ke dalam paket-paket data serta memberikan nomor urut ke paket-paket tersebut.

·         Network layer Berfungsi untuk mendefinisikan alamat-alamat IP, membuat header untuk paket-paket, dan kemudian melakukan routing melalui internetworking dengan menggunakan router dan switch layer-3.

·         Data-link layer Befungsi untuk menentukan bagaimana bit-bit data dikelompokkan menjadi format yang disebut sebagai frame.

·         Physical layer Berfungsi untuk mendefinisikan media transmisi jaringan, metode pensinyalan, sinkronisasi bit, arsitektur jaringan (seperti halnya Ethernet atau Token Ring), topologi jaringan dan pengabelan.


3.      Internet Protocol Suite (umumnya dikenal sebagai TCP/IP) adalah seperangkat protokol yang digunakan untuk komunikasi internet dan jaringan lain yang serupa.

4.      TCP/IP (Transmission Control Protocol/Intenet Protocol) adalah suatu protokol yang membawa dan menerima data yang telah dijadikan paket-paket data atau bit-bit dan menggabungkan kembali paket data yang telah dipecahkan sebelumnya di tempat tujuan dari data tersebut.

5.      Prinsip kerja dari TCP berdasarkan prinsip client-server. Server adalah program pada komputer yang secara pasif akan mendengarkan (listen) port number yang telah ditentukan pada TCP. Sedang client adalah program yang secara aktif akan membuka hubungan TCP ke komputer server untuk meminta servis yang dibutuhkan.

6.       
·         Routing adalah suatu protokol yang digunakan untuk mendapatkan rute dari satu jaringan ke jaringan yang lain.

·         Network Address Translation (NAT) adalah proses penulisan ulang (masquerade) pada alamat IP asal (source) dan/atau alamat IP tujuan (destination), setelah melalui router atau firewall.

·         Proxy adalah sebuah komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari Internet atau intranet.

·         VLAN adalah pengelompokan logikal dari dari user dan sumber daya network yang terhubung ke port-port administratif pada sebuah switch. Ketika seorang yang telah ditentukan.

0 komentar:

Posting Komentar